Posted on

Trik Menentukan Dan Memilih Lampu Gantung Untuk Hiasan Rumah

Hiasan Kamar

Peranan lampu gantung tidak hanya sebagai penerangan, tapi juga menjadi lampu hias yang akan menambah kecantikan rumah kamu. Lampu gantung memiliki desain yang berbeda dari lampu biasa. Adanya lampu gantung, membuat ruangan terasa berbeda dengan nuansa ‘wah’. Namun, kesan ‘wah’ ini akan berbalik menjadi aneh dan tidak cocok jika kamu salah dalam pemilihannya. Lampu gantung atau lampu gantung hias seharusnya memberikan kesan elegan, unik, atau sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan.

Satu jenis lampu gantung akan cocok digunakan di suatu ruangan tertentu, tapi juga akan terlihat aneh atau tidak pantas jika tidak disesuaikan dengan beberapa keadaan. Nah, berikut pertimbangan yang bisa kamu gunakan ketika memilih lampu gantung atau lampu gantung hias untuk rumah kamu.

Hiasan Kamar

Pertimbangan sesuai dengan gaya interior

Dengan mempertimbangkan berdasar gaya interior rumah, ada banyak sekali lampu gantung yang bisa kamu pilih, mulai dari lampu gantung minimalis, lampu gantung antik, lampu gantung kristal, lampu gantung sederhana, sampai lampu gantung kontemporer. Untuk mengaplikasikan lampu gantung dengan rumah kamu, tentukan terlebih dahulu kesan apa yang ingin kamu ciptakan dari lampu gantung tersebut. Pilih warna yang cocok dengan ruangan kamu. Untuk rumah dengan gaya klasik modern, sebaiknya pilih lampu gantung dengan banyak ornamen atau detail. Selain itu, kamu bisa memilih lampu gantung minimalis untuk tipe ruangan minimalis.

Pertimbangan sesuai dengan ketinggian langit-langit

Jika ruangan rumah kamu memiliki langit-langit yang tinggi, pilihlah lampu gantung yang memanjang ke bawah. Tapi jangan sampai panjang lampu gantung melebihi dari sepertiga tinggi ruangan. Jika langit-langit rumah kamu sangat tinggi, kamu perlu menggantung lampu tersebut di atas ruang kosong, sehingga ketinggian bisa mencapai setengah dari tinggi ruangan. Perhatikan, apakah lampu gantung tersebut sudah cukup untuk menjadi pusat perhatian atau belum.

Pertimbangan memilih lampu gantung untuk ruang makan

Pada ruang makan, lampu akan dipasang di tengah atau tepat di atas meja makan. Ukurannya lebih baik separuh dari ukuran meja makan. Tapi jangan memilih lampu gantung yang lebih besar dari sepertiga ruangan, karena akan mengganggu dan ruangan tampak penuh. Jarak lampu gantung sebaiknya lebih dari 1 meter dari permukaan meja.

Pertimbangan memilih lampu gantung sesuai tren

Rumah-rumah mewah sering menggunakan lampu gantung yang difungsikan sebagai penerangan juga sekaligus sebagai hiasan kamar atau ruangan – ruangan yang ada di rumah. Bahkan, lampu gantung tidak hanya digunakan pada ruang tamu atau ruang makan saja. Seluruh ruangan termasuk kamar mandi bisa dipasangi lampu gantung dengan beragam model yang ada saat ini. kamu bisa memilih lampu gantung sesuai dengan tema ruangan atau karakter penghuni rumah.

Pertimbangan berdasarkan bahan material

Ada banyak bahan material sebagai pembuat lampu gantung, dari tiap bahan akan menimbulkan kesan berbeda yang ditimbulkan. Sebaiknya, pilih lampu gantung yang juga berfungsi sebagai lampu hiasan kamar atau rungan rumah sesuai dengan konsep ruangan yang akan ciptakan. Jika kamu memiliki ruang tamu minimalis, lampu gantung yang lebih cocok digunakan adalah lampu gantung hias besi dibanding lampu gantung kristal. Bentuk besi yang padat dan sederhana lebih cocok digunakan pada ruangan minimalis ketimbang lampu gantung kristal.

Pertimbangan sesuai dengan bentuk

Ada ribuan bentuk lampu gantung yang beredar di pasaran. Umumnya, lampu dengan beragam bentuk ini dipengaruhi oleh bahan, ukuran, dan fungsi. Untuk ruangan yang berfungsi secara formal, sebaiknya pilih lampu berbentuk rumit untuk diterapkan. Hal ini akan menambah nilai ruang yang sepadan dengan isi pembicaraan. Sedangkan ruangan yang bersifat santai, kamu bisa memilih bentuk yang lebih sederhana seperti lampu gantung antik ataupun lampu gantung kontemporer.

Pertimbangkan berdasar ukuran

Jangan sampai kamu keliru menentukan ukuran lampu gantung untuk rumah kamu. Ukuran yang kecil akan membuat pencahayaan redup. Hal ini hampir tidak ada fungsinya jika memaksa untuk diterapkan. Jika kamu keliru memilih lampu yang terlalu besar, hal ini juga akan memberikan kesan aneh. Cara yang tepat dilakukan sebelum membeli adalah dengan mengukur panjang ruangan ditambah dengan lebar ruangan. Hasil penjumlahan dibuat menjadi ukuran inci.

Pertimbangan berdasar posisi

Penggunaan lampu gantung yang berfungsi sebagai interior rumah, juga banyak dijumpai sebagai eksterior rumah seperti diterapkan pada kolam renang ataupun taman. Lampu gantung ini sekaligus berfungsi sebagai lampu gantung hias untuk membuat tampilan rumah disewakan semakin cantik. Cara memilihnya, membutuhkan teknik sendiri, mengingat lingkungan luar cukup luas dan jarang mendapat objek pantul cahaya. Untuk itu, lampu dan cahaya yang dimunculkan harus tepat agar mendapat pencahayaan maksimal. Kamu tidak perlu terpaku dengan lampu gantung hias seperti apa yang seharusnya kamu pilih. Meskipun rumah kamu bergaya minimalis, tidak masalah jika memilih lampu gantung kristal.

Tidak sedikit orang yang akan membeli lampu gantung atau lampu gantung hias, sering dibingungkan untuk memilih lampu seperti apa. Berkonsultasi dengan penjualnya menjadi solusi untuk mendapat lampu yang tepat. Nah, dengan informasi ini, tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk memilih sendiri tipe lampu gantung atau lampu gantung hias sesuai dengan rumah diswakan kamu, kan, ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *