Posted on

7 Cara Mudah Menjaga Kebersihan & Kesehatan Rumah

sejasa sedot wc

Untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman, tidak harus mewah, melainkan harus bersih, rapi dan sehat. Meski rumah sederhana, ini tidak jadi masalah selama lingkungannya dapat terjaga kebersihannya. Lingkungan yang bersih akan berdampak baik bagi kesehatan. Untuk itulah, mengapa sangat penting bagi kita agar senantiasa menjaga kebersihan, baik didalam maupun luar rumah.

Rumah yang bersih, tidak hanya akan menimbulkan rasa nyaman dan membuat betah, tetapi juga mampu menghindarkan penghuni dari berbagai penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, diantaranya adalah :

sejasa sedot wc

1. Menyapu & Mengepel Lantai Rumah

Setiap hari, debu-debu pasti masuk dan menempel pada lantai rumah, apalagi jika rumah anda memiliki halaman yang luas, sudah dapat dipastikan berbagai kotoran masuk dalam rumah. Untuk itu, agar kebersihan rumah tetap terjaga, sapu lantai setiap hari. Agar semakin kinclong, lantai sebaiknya dipel usai disapu. Gunakan lap lantai khusus yang dicampurkan dengan air serta sabun cair khusus pembersih lantai.

2. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Salah satu penghasil sampah terbesar berasal dari rumah tangga. Berbagai jenis sampah dihasilkan setiap hari, mulai dari sampah organik, plastik, kertas hingga sampah B3. Setiap rumah, sudah semestinya memiliki tempat sampah khusus, akan lebih baik jika memiliki bak sampah yang dikelompokkan sesuai dengan jenis sampah. Hal ini akan semakin memudahkan kita dalam menjaga lingkungan, tidak hanya lingkungan rumah tetapi juga lingkungan secara lebih luas.

3. Mencuci Piring Kotor

Usahakan untuk langsung mencuci piring atau perabotan rumah tangga lain usai digunakan. Menumpuk cucian kotor dalam waktu lama, dapat menimbulkan penyakit dan menjadikan sarang kuman, selain itu juga dapat menimbulkan aroma tidak sedap. Gunakan cairan pembersih khusus piring yang mengandung antibakteri serta wangi, agar piring dan perabotan lainnya aman digunakan.

4. Membersihkan Kamar Mandi

Mengapa kamar mandi harus mendapatkan perhatian khusus? Karena kamar mandi rentan terhadap kuman serta keadaannya yang lembab membuat berbagai bakteri bisa dengan mudah hidup ditempat tersebut. Sebaiknya, bersihkan kamar mandi minimal seminggu sekali. Sikat lantai kamar mandi hingga bersih untuk mencegah timbulnya lumut pada lantai dan dinding, siramkan cairan pembersih kuman pada kloset serta taruhnya pewangi kamar mandi agar kamar mandi tetap nyaman digunakan.

5. Menguras Bak Penampungan Air

Bak penampungan air harus dikuras agar terhindar dari jentik-jentik nyamuk. Mulailah dari bak penampungan pada kamar mandi dan WC, lalu penampungan air di dapur. Akan sangat baik jika tampungan air yang digunakan untuk memasak dan minum, menggunakan tempat yang tertutup agar kotoran tidak dapat masuk ke dalam air.

6. Menyedot WC

Dalam kurun beberapa tahun, tampungan kotoran WC bisa penuh. Untuk itu, perhatikan septic tank di rumah, apakah masih muat atau justru sudah hampir melebihi kapasitas daya tampung. Sebaiknya lakukan sedot WC jika dirasa tampungan WC sudah penuh. Selain untuk menghindari mampetnya WC, dengan Sedot WC menjadikan WC terhindar dari bau kotoran.

7. Membersihkan Halaman

Saat sore hari atau ketika ada waktu luang, sempatkanlah untuk membersihkan halaman rumah. Seringkali daun-daun yang kering dan jatuh dari pepohonan membuat halaman jadi kotor atau tumbuhnya rumput liar. Sapu daun-daun yang berserakan lalu kumpulkan serta buang ke bak sampah agar halaman rumah jadi bersih dan terlihat rapi. Untuk tumbuhan rumput liar, bisa dicabut atau dipotong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *